Kamis, 15 September 2011

Tips Untuk Mencegah Kelupaan



Manusia memang tidak lepas dari kesalahan, kelupaan dan kecerobohan. Bermula dari kecerobohan dan kelupaanlah maka terjadinya sebuah kesalahan. Namun, kelupaan itu bisa terjadi bukan karena bodoh atau tolol tetapi karena kurangnya aktivitas atau penggunaan otak yang berkelanjutan sehingga membuat otak menjadi malas untuk berpikir akhirnya berakhir menjadi kelupaan. Kelupaan memang sangat mengganggu pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, dibutuhkan beberapa kegiatan sederhana untuk melatih otak biar tetap aktif dan mencegah kelupaan. Meskipun tips-tipsnya tidak 100% menghindari anda dari kelupaan tetapi “sedikit lebih baik dari pada tidak ada”. 



Berikut ada beberapa tips untuk melatih otak untuk mencegah kelupaan yaitu sebagai berikut.

  1. Sediakan kalender kuno yang berbentuk lembaran kertas atau kalender handphone.

Ini fungsinya supaya anda bisa mencatat kegiatan, jadwal atau tanggung jawab yang akan anda lakukan pada setiap lembaran-lembaran kalendernya. Ini untuk melatih daya ingat supaya tetap optimal. (boleh menggunakan kalender di hp dengan mencatat jadwal-jadwal kegiatan anda di reminder).





  1. Buat jadwal aktivitas

Berangan-angan sebelum tidur dan merenung di pagi hari, siapkan 20 menit untuk duduk tenang dan pikirkan jadwal atau kegiatan yang akan anda lakukan di hari itu. Kemudian, dicatat di buku agenda atau kertas, ya sekedar mencatat rutinitas dan tatalah menurut tingkat kepentingannya, ini juga berfungsi untuk memelihara daya ingat.





  1. Buat catatan untuk mengingat hal penting.

Anda boleh menempel catatan di pintu lemari es, pintu kamar, di monitor komputer, atau di tempat-tempat yang anda sering lewatin (sekarang ini kan ada yang namanya post-it ) untuk mengingat tugas apa yang harus diselesaikan, ini juga baik untuk memelihara daya ingat.





  1. Hindari stress akibat kemarahan dan kelelahan.

Sesekali ambil nafas dalam-dalam kemudian lepaskan dengan perlahan untuk meredakan stress meskipun banyak orang menganggap aktivitas  itu seperti lagi mengeluh, tapi bagaimanapun segala hal itu ada sisi positif dan negatif, demikian juga dengan aktivitas ini, ada sisi positifnya sebagai meredakan stress. Dan boleh juga dengan memikirkan pekerjaan pribadi yang harus dituntaskan, daripada anda mengerjakan kegiatan atau pekerjaan kelompok, itu akan membuat anda lebih stress. Memilih prioritas dari kegiatan/pekerjaan kita sangat baik untuk meringankan efek stress yang dapat mencetuskan demensia (berkurangnya kemampuan mengingat dan berpikir yang cukup kuat sehingga mengakibatkan tersendatnya aktivitas sehari-hari). Seringkali karena sibuk dengan hal besar tapi lupa dengan hal sepele.





  1. Brain Gym atau disebut olahraga/senam otak.
Ini berfungsi untuk meningkatkan oksigenasi(usaha untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh dengan melancarkan saluran masuknya oksigen atau memberikan aliran gas oksigen (O2) sehingga konsentrasi oksigen meningkat dalam tubuh) dan efek visuospasial.   

Brain gym juga berfungsi untuk meningkatkan aktivitas otak dan meningkatkan daya ingat.





  1. Mengisi teka-teki silang.

Mengisi permainan teka-teki silang ini sangat mengharuskan pemainnya untuk mengingat dan mengolah ingatan,  sehingga itu akan memperbaiki daya ingat dan kemampuan konsentrasi.





  1. Mengingat nomor telepon.

Coba untuk mengingat nomor-nomor penting, ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat pada otak.





  1. Melakukan olahraga sebelum beraktivitas.

Olahraga akan meningkatkan aliran darah yang membawa oksigen yang sangat dibutuhkan  dan glukosa sebagai bahan bakar. Ini untuk mempercepat mengingat sesuatu. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan jalan kaki, menari atau kick boxing ringan.





  1. Membersihkan gigi sebelum tidur.

Mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi kebersihan gigi tidak hanya berdampak pada senyum yang indah tapi juga penting untuk memori. Jika gigi tidak dibersihkan maka gusi akan meradang sehingga memudahkan bakteri jahat akan memasuki aliran darah dan ini bisa menyebabkan radang di seluruh tubuh termasuk otak yang akan menyebabkan gangguan kognitif (kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang sesuatu).





  1. Penuh karbohidat dalam tubuh.

Melewatkan karbohidrat saat makan akan membahayakan memori, karena sel-sel otak membutuhkan karbohidrat yang akan diubah oleh tubuh menjadi glukosa sebagai energy. Tapi jangan kebanyakan ya bagi yang menjalankan program diet  





  1. Menggerakkan mata ke sekeliling.

Berlatih untuk menggerakkan mata ke sisi lain selama 30detik dari tempat anda berdiri setelah sampai di suatu tempat. Ini bisa meningkatkan memori jangka panjang hingga 10% dan membantu mengingat bagian penting dari suatu informasi.





  1. Memperbanyak konsumsi ikan, vitamin dan kurangi makanan yang berlemak.

Ikan yang kaya dengan DHA seperti ikan tuna dan salmon, vitamin untuk otak seperti vitamin B kompleks, C dan E, serta kurangi makanan yang berlemak itu akan memperlancar aktivitas oksigen di otak dan baik untuk ingatan.





  1. Bersujud.

Bersujud (dengan bersujud berarti mempertinggi kedudukan jantung dan kepala sehingga mempermudah aliran darah menuju otak). Tapi jangan terlalu lama karena akan menghambat aliran darah di kaki dan membuat darah tinggi.





  1. Jangan menunda waktu dan kerjakan selagi ingat.

Suatu kata kebiasaan manusia adalah “bentar” biasanya sih disebabkan malas, itu yang sering menyebabkan kelupaan pada otak kalau dibiasakan, jadi biar tidak jadi pelupa berarti juga tidak boleh jadi pemalas.





  1. Hidup dengan disiplin dan teratur.

Biasakan menaruh barang-barang yang sering dilupakan terutama barang yang digunakan oleh umum pada satu tempat. Taruh pada tempat asalnya setelah mengunakannya.





  1. Berdoa sebelum beraktivitas.


Meskipun tips-tips di atas seperti hanya untuk kelupaan jangka pendek dan untuk aktivitas sesaat, tapi itu kalau dilakukan dengan teliti dan berkelanjutan itu akan melatih otak untuk terhindar dari kelupaan jangka panjang.



Demikian tip-tipsnya. Semoga bermanfaat ya, dan semoga aktivitas anda semakin lancar dan sukses.




Sebagian kutipan diambil dari sumber :


sumber foto :

Related Post / Klik Gambar Di Atas "Artikel-Artikel" :