Rabu, 14 September 2011

Brain Gym (Senam Otak) dan Latihan Otak



Senam otak, senam otak mungkin bagi sebagian orang terdengar aneh ya, otak di dalam tengkorak bagaimana senamnya ya.. terus apa manfaatnya ya, dan mungkin juga banyak yang sudah banyak membaca artikel-artikel tentang senam otak. hmmm tidak apa-apa kali ini sesuai judulnya saya akan membahas tentang brain gym atau senam otak secara menyeluruh supaya yang tidak tahu menjadi tahu dan yang  tahu menjadi lebih tahu, tentu tidak ada ruginya kalau belajar suatu ilmu berkali-kali yang penting bermanfaat bagi kehidupan kita..


Ok lah… kita langsung saja ya…


Berikut adalah asal usul adanya senam otak :


Brain gym / senam otak dikembangkan oleh Paul E. Dennison, Dr. Phill, bersama istrinya Gail E. Dennison. Dan mereka melakukan seminar, ceramah mengenai EDU-K

Dan inti dari EDU-K adalah “menarik keluar potensi yang terpendam melalui gerakan tubuh.”



TIGA DIMENSI OTAK sesuai Edu – K

Otak sebagai pusat kegiatan tubuh akan mengaktifkan seluruh organ dan system tubuh melalui pesan2 yang disampaikan melewati serabut syaraf secara sadar maupun tidak sadar. Pada umumnya, otak bagian kiri bertanggung jawab untuk pergerakan bagian kanan tubuh dan sebaliknya.

Dengan brain gym, maka tiga dimensi otak akan diaktifkan secara keseluruhan.

1. LATERALISASI-KOMUNIKASI (Kanan-Kiri)

Gerakan untuk menyebrang garis tengah, menyangkut sikap positif: mendengar, melihat, bergerak. Otak bagian kiri aktif jika sisi kanan tubuh digerakkan dan bagian kanan aktif apabila sisi kiri tubuh digerakkan. Gerakan menyebrang garis tengah, mengaktifkan kerjasama tersebut. Kemampuan belajar paling tinggi apabila kedua belah otak bekerjasama dengan baik.

2. FOKUS PEMAHAMAN (Muka –Belakang)

Gerakan meregangkan otot, menyangkut: konsentrasi, pengertian,dan pemahaman. Gerakan ini menunjang kesiapan untuk menerima hal baru dan mengekspresikan apa yang sudah diketahui. Kalau sulit memahami inti keseluruhan pelajaran atau orang tidak dapat berkonsentrasi, sebaiknya gerakan ini dilakukan agar otot lega dan semangat belajar meningkat.

3. PEMUSATAN-PENGATURAN (Atas-Bawah)

Gerakan untuk meningkatkan energi, menyangkut: mengorganisasi, mengatur, berjalan, tes atau ujian. Otak terdiri dari milyaran sel saraf kecil bernama neuron yang jalurnya dihubungkan seperti kabel pada telepon. Bila gerakan-gerakan ini dibuat berarti hubungan elektrik jaringan dapat diaktifkan agar dapat berfungsi baik dalam memberikan informasi dari badan ke otak dan sebaliknya.




Manfaat Senam otak :

1.     Terhindar dari rasa stress dan pikiran lebih jernih,

2.     Merasa lebih awet muda,

3.     Dapat menyingkapi masalah dengan tenang,

4.     Bugar, sehat dan fit,

5.     Menunda kedatangan menopause,

6.     Sebagai sarana untuk mencegah dan memudahkan penyembuhan penyakit,

7.     Hubungan antara manusia dengan suasana belajar/bekerja lebih rileks dan senang,

8.     Daya ingat meningkat( untuk membaca Tips Mencegah Kelupaan),

9.     Menjadi lebih semangat, konsentrasi, kreatif dan efisien,

10.  Mendirikan seseorang dalam hal belajar, dan mengaktifkan seluruh potensi dan keterampilan yang dimiliki,

11.  Prestasi belajar dan bekerja meningkat, dan

12.   Meningkatkan kepercayaan diri.


Keuntungan  Senam otak :

1.     Memungkinan belajar dan bekerja tanpa stress,

2.     Singkat waktu,

3.     Tidak memerlukan bahan atau tempat khusus alias dapat dilakukan di tempat,

4.     Berguna untuk semua situasi,

5.     Hasilnya bisa langsung kelihatan,

6.     Sangat efektif dilakukan

Berikut contoh-contoh brain gym (senam otak) yang berguna untuk melatih otak secara keseluruhan beserta manfaatnya yang bisa dicoba namun sebaiknya anda melakukannya setelah minum air putih yang secukupnya :
     1.     Gerakan sakelar otak.

          Lihat gambar..


Posisikan 1 tangan memijat jaringan lunak kiri tulang dada di bawah tulang selangka (angka 1) dan 1 tangan memijat samping kanan pusar (angka 4) selama 20-30 detik, kemudian diganti  posisinya 1 tangan memijat jaringan lunak kanan tulang dada di bawah tulang selangka (angka 2) dan 1 tangan memijat samping kiri pusar (angka 3), demikian selanjutnya hingga beberapa kali.


 Berguna untuk mengoptimalkan keterampilan motorik halus, memperbaiki sikap tubuh, meningkatkan energy, mengurangi stress visual dan relaksasi tengkuk serta bahu.


2.     Gerakan menyilang.

Lihat gambar
-         Angkat kaki kanan ke atas menyilang dengan gerakan tangan kiri

-         Angkat kaki kiri ke atas menyilang dengan gerakan tangan kanan

-         Angkat kaki kanan ke belakang dengan gerakan tangan kiri menyentuh telatak kaki

-          Angkat kaki kanan ke belakang dengan gerakan tangan kanan menyentuh telapak kaki


   Gerakan ini bermanfaat untuk  mengoptimalkan pekerjaan menulis, mendengar, membaca dan memahami, meningkatkan stamina, memperbaiki pernapasan, pendengaran dan penglihatan.


3.     Tombol bumi.

Ujung jari menyentuh bawah bibir, ujung jari lainnya di pinggir atas tulang kemaluan (15cm di bawah pusar disentuh selama 30 detik atau 4-6 kali tarikan nafas penuh.

Gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan koordinasi dan konsentrasi terutama dalam membaca table, mengurangi kelelahan mental (stress), mengoptimalkan jenis pekerjaan seperti ornagisasi, perancangan seni, dan pembukuan.


4.     Tombol imbang.

Tekan(pijat)  garis tengah/lekukan di batas rambut antara tengkorak dan tengkung di atas tulang belakang, dan geser 4 – 5cm ke kanan dan ke kiri secara bergiliran, dan 1 jari tangan lainnya menyentuh (bukan memijat) pusar. lakukan selama 30 detik.


Gerakan ini bermanfaat untuk :
Meningkatkan konsentrasi, pengambilan keputusan, pemikiran asosiatif, kepekaan indrawi untuk keseimbangan, menjernihkan pikiran, menjaga badan tetap relaks, mengerti konsep yang tersirat (saat membaca), mengkritisi, mengurangi mabuk perjalanan, tekanan di kuping karena perubahan ketinggian, mengoptimalkan pekerjaan menulis laporan, memakai telepon atau komputer.


5.     Kait relaks.
Tumpangkan kaki kiri di atas kaki kanan, dan tangan kiri di atas tangan kanan dengan posisi jempol ke bawah. Jemari kedua tangan saling menggenggam, kemudian tarik tangan ke arah pusar dan terus ke depan dada. Pejamkan mata dan saat menarik napas, lidah ditempelkan ke langit-langit mulut dan lepaskan saat menghembuskan napas. Berikutnya, buka silangan kaki, dan ujung-ujung jari tangan saling bersentuhan secara halus di dada atau di pangkuan, sambil mengambil napas dalam 1 menit lagi
Gerakan ini bermanfaat untuk :
 Meningkatkan koordinasi motorik halus,  pemikiran logis,  pemusatan emosional, mendengar aktif, berbicara lugas, menghadapi tes , bekerja dengan papan ketik, pengendalian diri dan keseimbangan.


6.     Pernafasan perut  dalam posisi duduk dengan urutan dibawah ini
a.     Lakukan pernafasan perut dengan menghirup dan mengeluarkannya sebanyak 4 – 8x.

b.     Melihat ke kanan dan ke kiri selama 4 – 8x dengan pernafasan perut.

c.      Santai selama 4 – 8x pernafasan perut.

d.     Letakkan kaki rata di atas lantai (posisi duduk), ujung jari tangan dan kaki saling bersentuhan selama 4 – 8x pernafasan perut.

e.      Rentangkan kedua tangan anda seluar mungkin dan se-nyaman mungkin, setelah itu bayangkan otak kiri dan kanan menjadi satu, di waktu yang sama satukan kedua tangan selama 4 – 8x pernafasan perut.

f.        Sentuh titik-titik di bagian kepala bagian kiri dan kanan selama 4 – 8x pernafasan perut.

g.     Silangkan kaki secara bergantian sebanyak 10 – 25x.

Ket :
selama 4 – 8x pernafasan perut artinya : sama dengan langkah a, jika langkah a 5x maka langkah selanjutnya ikut 5x, jika 6x maka selanjutnya ikut 6x, dst.


Gerakan di atas bermanfaat untuk:

Terhindar dari rasa stress dan pikiran lebih jernih, lebih awet muda, dapat menyingkapi masalah dengan tenang, bugar, sehat,  fit, menunda kedatangan menopause, dan sarana untuk mencegah dan memudahkan penyembuhan penyakit.


7.     Menekan kening.

Tekan kening perlahan lahan dengan 2 jari pada kening sebelah kiri dan kanan kira kira tepat di tengah-tengah garis antara rambut dan alis, tahan selama 3 – 10 menit,

Gerakan ini bermanfaat untuk melepaskan ketegangan dan meningkatkan aliran darah ke otak.


8.     Menguap sambil memijat rahang. Berguna untuk membuat pandangan anda menjadi lebih rileks dan mampu menjaga konsentrasi ketika anda banyak mengalami tekanan mental.


9.     Menggosok pusar dan dada.

Letakkan satu tangan anda pada pusar. Sementara tangan lain di tulang dada (tepat di bawah tulang leher. Gosok dengan lembut selama kurang lebih 10 detik

Gerakan ini bermanfaat untuk mengurangi kebingungan, merangsang energy serta membantu berpikir dengan jernih.

         10.     Titik positif

Raba titik positif anda yang terletak pada benjolan di atas alis di bawah rambut (di tengah tengah deh biar lebih jelas lihat gambar yang saya kasih garis item) dengan kedua tangan, lebih baik digunakan sambil memejamkan mata. Gosok titik ini dengan lembut selama 6 – 10x, diikuti pernafasan lengkap yang di lakukan dengan perlahan sambil memikirkan situasi yang membuat anda stress dan pertimbangkan alternatif-alternatif penyelesaian masalah anda. Gerakan ini boleh dilakukan sendiri ataupun suruh temanmu bantu anda melakukannya untuk anda. 

Gerakan ini bermanfaat untuk menghilangkan stress.


11.  Gerakan 8 tidur

Lihat gambar

Luruskan 1 tangan (tangan kiri atau tangan kanan boleh aja) ke depan dengan jempol mengarah ke atas seperti gambar perlahan gerakan jempol anda ke kiri atas seperti gambar angka 1 dan seterusnya sampai angka 8 dengan membentuk angka 8 tidur, pastikan saat anda mengeser, posisi jempol ada pada pandangan anda, jangan keluar dari pandangan mata,  dan fokuskan mata anda pada jempolnya dengan kepala diam atau sedikit bergerak mengikuti angka 8 yang di bentuk oleh jempol anda. Anda boleh memcoba berkali-kali hingga mata anda terbiasa membentuk angka 8 tidur dengan tidak membutuh jempol anda untuk menuntun.


Gerakan ini bermanfaat untuk :
Ini untuk meningkatkan integrasi belahan otak kiri dan kanan, sehingga keseimbangan dan koordinasi antar bidang menjadi lebih baik, dan meningkatkan keterampilan membaca, menulis dan memahami.


Selanjutnya, ada  cara-cara senam/latihan  khusus untuk otak bagian kiri yaitu sebagai berikut.
1.     Tidak tergantung pada kalkulator.

Ini mungkin juga jadi kebiasaan ya, dengan mengunakan pikiran luar kepala itu akan baik untuk ingatan. Sekarang ini bahkan yang gampang saja harus menggunakan kalkulator, andai yang gampang aja menggunakan kalkulator apalagi yang lumayan sulit. Hehe

Disarankan menggunakan perkalian 2angka (15x15) ke atas untuk melakukan aktivitas ini.


2.     Pelajari hal yang biasanya tidak masuk perhatian anda.

Mungkin anda saat membaca surat kabar ada kolom-kolom yang tidak anda minati, cobalah untuk membaca beritanya, itu akan menciptakan berbagai macam topic di momori otak yang akan menyebabkan anda dapat berpikir secara logis dan mampu menganalisa dengan cepat.


3.     Baca kamus saat mendengar kata baru.

Bila anda mendengar kata atau istilah asing, jangan lantas malas mencari tahu, bukalah kamus atau internet. Sekarang mbak google juga siap membantu kapanpun lewat translatornya. Itu akan membangun perbendaharaan kata di dalam otak, dan ini berguna untuk meningkatkan kekuatan berpikir.


4.     Mengisi teka-teki silang.

Selain untuk membuat pengetahuan umum, aktivitas ini juga baik untuk mengkaryakan otak biar tidak menganggur.


5.     Bermain puzzle atau catur.

Puzzle  dapat melatih otak untuk berpikir kreatif, sedangkan catur untuk mengasah otak melalui strategi dan analisanya.



Ada senam/latihan untuk otak kiri tentu ada juga latihan/senam untuk otak kanan yaitu sebagai berikut.
1.     Mendengarkan music.

Musik merupakan stimulant yang ampuh untuk membuat anda tenang dan memberikan dorongan semangat, disarankan menggunakan music slow dan jangan musik keras.


2.     Menggambar atau membuat coretan warna warni.

Walaupun simple, aktivitas ini dapat merangsang fungsi otak kanan, yaitu mengenal bentuk dan warna. Mungkin anda bisa menstabilo bagian-bagian yang anda sukai atau penting di buku dengan warna yang anda minati.


3.     Membaca buku fiksi.

Dengan membaca buku fiksi anda akan diajak untuk “bertualang” ke dunia lain itu akan meningkatkan imajinasi dan system kerja otak. 


Berikut ada pula gerakan/senam/latihan untuk menyeimbangkan otak kiri dan kanan dan memiliki manfaat yang sama yaitu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan ke 2 bagian otak antara kiri dan kanan yaitu sebagai berikut.
1.     Coreten dengan ke 2 tangan.
Coba menggambar coretan apa saja yang sama dengan kedua tangan anda,  semakin anda bisa menyamakan gambarnya maka semakin kuat keseimbangan antara otak kiri dan kanan.



2.     Perhatikan gambar di samping..!!

Gambar 1 perhatikan jari jari tangannya.


Gambar 2, perhatikan 1 tangan  bentuk V(peace/victory), dan 1 tangan bentuk pistol mengarah ke 1 tangan.

Gambar 3, coba gengam tangan seperti sedang berdoa, dan perhatikan jempolnya.

Untuk gambar 1 dan 3 biasanya ada yang nyaman dengan 1 posisi saja antara a dan b, jadi coba dan pindahkan, jika anda nyaman dengan a coba anda pindahkan ke b, demikian sebaliknya jika anda nyaman dengan b coba anda pindahkan ke a, dan coba secepatnya, semakin cepat anda memindahkan dan nyaman maka itu menandakan keseimbangan antara otak kiri dan kanan anda sudah semakin kuat


Dan untuk gambar 2, coba anda ganti dengan cepat antara 2a ke 2b, dan 2b ke 2a, lakukan terus menerus sampai anda bisa menguasainya dan semakin cepat anda bisa mengantinya itu menandakan keseimbangan antara otak kiri dan kanan anda sudah semakin kuat.

         

         Sebenarnya untuk point 2 ni masih banyak yang bisa dilakukan, hanya saja di sini saya hanya kasih 3 contoh saja ya…


Adapun beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga otak tetap segar :

1.     Hindari rasa stress, cemas dan depresi.
2.     Hindari polusi, udara polusi dapat mengakibatkan berkurangnya oksigen yang      terserap ke otak, sehingga otak tidak dapat berkembang dengan optimal.
3.     Makanlah makanan yang bergizi.
4.     Berolahraga secara teratur untuk menjaga keseimbangan otak dan memaksimalkannya.

Itulah beberapa cara-cara untuk senam otak dan latihan otak, semoga bermanfaat ya..


Sebagian kutipan dan foto diambil dari sumber :

Related Post / Klik Gambar Di Atas "Artikel-Artikel" :