Selasa, 13 September 2011

Tentang Otak

karena masalah otak saya yakin tidak banyak orang yang menyukainya dan mungkin banyak orang yang merasa bosan jadi kali ini saya membuat fitur baru supaya teman-teman bisa memilih hanya dengan mengklik "Tombol berbentuk untuk membaca yang anda sukai
===================================================



Kali ini saya akan membahas secara tuntas tentang otak manusia, tentu bukan suatu hal yang wajar ya kalau saya membahas masalah otak, mungkin teman teman akan bertanya kenapa saya membahas tentang otak.  Sebenarnya, ini berhubungan dengan tindakan manusia sekarang ini yang semakin menggila dan tidak masuk akal, kalau kata halusnya sih tidak berperikemanusiaan gitu deh, dan kalau kata kasarnya apa ya… silakan menebak sendiri, sehingga itu membuat saya merasa semua tindakan itu ada hubungannya dengan pikiran manusia sendiri , tentu saja kalau membahas pikiran pasti ada hubungan dengan otak. Setelah saya membaca sumber-sumber saya yang membahas otak (dosen saya) membuat saya sangat tertarik untuk merangkumnya bersama sumber-sumber lain.


Ok lah, kita To The Point aja ya..  di sini saya akan membahas beberapa topik yang berhubungan dengan otak yaitu
1.     4 pembagian otak manusia menurut urutannya (ini yang membuat manusia hidup melalui fungsinya),
2.     3 bagian otak menurut triune yang disajikan oleh dr. Paul Maclean (ini yang membuat manusia berbeda dengan hewan),
3.     2 bagian otak dari serebum (ini yang membuat cara berlogika atau cara menyimpan ingatan manusia berbeda).
4.     cara mengetahui otak mana yang lebih aktif di antara 2 bagian otak tersebut 

A.  4 pembagian otak manusia menurut urutannya.













kalau dilihat dari gambar memang terlihat banyak ya, namun secara umum otak dibagi menjadi 4 bagian menurut urutannya yaitu sebagai berikut.

1.     Batang otak.
Berfungi untuk mengendalikan fungsi-fungsi penyangga kehidupan dasar seperti pernafasan dan laju denyut jantung. Mengontrol tingkat kesiagaan, yaitu menyiagakan anda terhadap informasi sensorik yang masuk, mengendalikan suhu. Di samping itu, batang otak juga berfungsi mengendalikan proses pencernaan dan menyampaikan informasi dari serebelum.

2.     Sereberum atau otak kecil atau otak belakang.
Otak ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh, sikap tubuh, memantau gerakan tubuh dalam ruangan, menyimpan ingatan untuk respon-respon dasar yang dipelajari, mengirim informasi vital dari batang otak ke otak.

3.     Sistem limbic atau otak tengah.
Otak ini terjadi dari talamus dan ganglia Basal yang terletak di antara batang otak dan korteks.
Berfungsi untuk menjaga kestabilan tekanan darah, suhu tubuh dan kadar gula. Sangat penting bagi pembelajaran dan ingatan jangka pendek serta panjang, menjaga homeostatis (lingkungan yang konstan) di dalam tubuh atau perlindungan diri.
Menurut ilmuwan Robert Ornstein fungsi system limbic ini bisa dingat melalui cara 4F, yaitu:
Feeding (memberi makan), Fighting (berkelahi atau melindungi diri), Fleeing (melarikan diri atau menyelamat diri), dan Flying ( Reproduksi sosial).
Sistim limbic juga mengandung Hipotalamus, yang sering dianggap bagian terpenting dari “otak mamalia” ini hanya berukuran 4gram tetap berfungsi untuk banyak hal  seperti mengatur hormon, hasrat sek-sual, emosi, makan, minum, suhu tubuh, keseimbangan kimiawi, tidur  serta bangun, mengatur kelenjar utama dari otak (kelenjar pituitary), otak ini juga mangatur mana yang perlu mendapat perhatian dan mana yang tidak, seperti kapan kita merasa lapar.

4.     Serebum atau korteks serebral.
Membungkus seluruh otak dan posisinya berada di depan, yang berfungsi sebagai ingatan, komunikasi, pembuatan keputusan, kreativitas, bicara dan musik.
Sungguh luar biasa, Tuhan (menurut keyakinan) menyusun otak serebum ini yang merupakan bagian terbesar dari otak . Dia membungkus otak ini dengan suatu lapisan berkerut-kerut berupa sel-sel saraf setebal 1/8 inci yang amat sangat menakjubkan. Melalui otak bagian ini lah, membuat kita sebagai seorang manusia.




Nah, itu 4 bagian otak dan fungsinya, jadi dah tau kan?? Kenapa manusia bisa berpikir , berkreativitas dan melakukan hal lain, jadi bisa dibayangkan kan kalau salah satu bagiannya rusak?? Hahahha jadi bersikaplah seperti manusia, jangan suka pukul kepala orang, kalau sampai geger otak atau rusak bagaimana??? 

B.  3 bagian otak menurut triune yang disajikan oleh dr. Paul Maclean.









Seperti namanya, TRIune, Paul maclean membagi otak ini menjadi 3 bagian yang diberi nama dan fungsi sebagai berikut :
1.     Otak Reptilia (Archipallium or Primitive (reptilian) brain).
Bagian otak yang bermula dari batang otak yang terletak di dasar otak dan terhubung dengan tulang belakang.
Bagian otak ini berfungsi sebagai pusat kendali, system syaraf otonomi, mengatur suhu tubuh dan mengatur reaksi seseorang terhadap bahaya dan ancaman.
Ketika otak ini aktif  biasanya orang tidak bisa berpikir, yang bekerja adalah insting dan nalurinya saja.  Otak ini aktif jika kurang tidur, terancam, takut, stress atau pada saat tubuh dan pikiran yang lelah.
2.      Otak mamalia (limbic system or paleomammalian (old mammalian) brain).
Otak ini berperan mengatur kebutuhan akan keluarga, strata sosial dan rasa memiliki. Otak ini juga memberikan arti pada suatu emosi atau kejadian. Otak ini juga berperan mengendalikan system kekebalan tubuh, hormon dan memori jangka panjang. Dan di bagian otak inilah yang berperan sebagai saklar untuk menentukan otak mana yang akan aktif antara otak reptile dan otak neocortex.
3.     Neocortex ( neopallium, superior or rational (neomammalian) brain).
Otak ini berada di atas dan menyerupai topi yang menutupi otak mammalian dan otak reptile atau disebut juga otak berpikir. Otak ini dimiliki oleh manusia sebanyak 80% dari seluruh otaknya. Otak ini berfunsi sebagai pusat kendali otak, mengawasi proses berpikir level tinggi, memikirkan langkah pemecahan masalah, dan mengendalikan efek dari system emosi kita.
Otak ini juga berfungsi untuk mengendalikan fungsi yang berhubungan dengan orientasi, kalkulasi, dan sensasi. Disamping itu, otak ini juga berperan untuk mengatur fungsi yang berhubungan dengan suara, kemampuan berbicara, penglihatan dan sebagian dari memori jangka panjang. Otak ini juga terdapat motor cortex yang mengendali fungsi gerak tubuh dan kerja sama dengan otak kecil untuk mengkoordinasi tubuh dan kerjasama dengan otak kecil untuk mengkoordinasi proses pembelajaran keterampilan motorik.

Jika diperhatikan dari kedua penjelasan di atas, sesungguhnya tidak ada perbedaan dari fungsinya, dan dari kedua itu menjelaskan mengenai perbedaan utama dari manusa dibanding dengan hewan, yaitu pemanfaatan bagian neocortex, serebum atau korteks serebral.

Dengan kata lain, perbedaan manusia dengan hewan, bukan terletak pada kelengkatan anatomi otak yang dimilikinya, namun bagaimana dia dapat memanfaatkan sifat dari korteks dan neocorteksnya dengan baik.

Seperti yang kita ketahui, zaman sekarang ini banyak tindakan manusia yang sudah diluar pikiran manusia, yang sudah lepas kendali menurut akal sehat seperti free se-ks, dan beberapa aksi kejahatan lainnya. Bisa dikatakan bahwa fungsi neocortex yang berfungsi sebagai pusat kendali otak, dan juga mengendalikan efek dari emosi kita ini tidak digunakan dengan maksimal terutama di kalangan anak muda sekarang ( untuk mengetahui fenomena anak muda sekarang)

C.  2 bagian otak dari Serebum.













Otak serebum terdiri dari 2 bagian dan memiliki fungsi yang berbeda yaitu sebagai berikut

1.     Otak kanan berfungsi untuk dalam perkembangan EQ (Emotional Quotient) seperti
Persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk, ruang, emosi, musik dan warna. Daya ingat otak kanan ini bersifat jangka panjang. Jika otak kanan rusak karena penyakit seperti stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu  adalah kemampuan visual dan emosi (ekspresi sedih, senang, kaget).

2.     Otak kiri berfungsi sebagai pengedali IQ (Intelligence Quotient) seperti
 Perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan dan logika. Daya ingat otak kiri ini bersifat jangka pendek. Jika otak kiri rusak karena penyakit seperti stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang akan terganggu adalah kemampuan berbicara, berbahasa dan matematika.

Dominasi otak kiri dan kanan akan mempengaruhi kepribadian seseorang seperti berikut.
Otak kanan : humoris, simple, menyenangkan, boros, lebih percaya intuisi, berantakan, ekspresi diri, lebih memilih perasaan sebagai solusi masalah, suka bertualang, bermimpi besar, tukang sorak, pelanggar aturan, bebas dan spontan.
Otak kiri : serius, rumit, membosankan, hemat, lebih mempercayai fakta, rapi, profitabilitas, lebih memilih keilmuan, hati-hati, pengetahuan umum, pendukung diam, pembuat aturan, konservatif dan mudah ditebak.



Biasanya kita hanya bisa aktif menggunakan 1 bagian saja,

Misalnya jika aktif dalam otak kiri maka akan lemah untuk otak kanan tetapi bukan berarti otak kanan itu tidak berfungsi sama sekali, hanya agak kurang, demikian sebaliknya. Ini bisa dilatih supaya bisa seimbang dalam menggunakannya tetapi tentu harus mengetahui anda itu lebih aktif di bagian mana terlebih dahulu. 

D.  Cara untuk mengetahui otak mana yang lebih aktif di antara 2 bagian otak tersebut.
Berikut  cara untuk mengetahui anda itu lebih aktif di otak kiri atau otak kanan.
1.     Yang paling sederhana adalah dari ingatan anda tentang teman anda yang sudah lama tidak ketemu.  
Ketika anda bertemu dengan teman lama anda yang anda ingat apa antara nama atau mukanya?? Jika nama maka anda aktif di otak kanan tetapi jika  muka maka anda aktif di otak kiri. Ingat saat ketemu ya… bukan saat lagi memikirkan teman ya.

Mungkin bisa saja kadang kadang muka kadang kadang nama, itu anda bisa dilihat dari persentasinya.

2.     Lihat gambar di bawah ini.
Gambar ini terdiri dari kumpulan warna warna yang ditulis dengan tulisan warna yang berbeda,

Caranya adalah seperti ini, anda membacakan secara cepat. sebenarnya lebih bagus pakai slide shownya powerpoint.. karena di word/blog  tidak bisa buat seperti itu ya jadi terpaksa saya buat yang biasa tapi anda bisa mendownload powerpointnya dengan  

dan klik di sini untuk melihat gambarnya tanpa mendownload powerpointnya




Jika anda lebih mengikuti warnanya maka anda lebih aktif otak sebelah kanan, tetap jika lebih mengikuti tulisannya maka anda lebih aktif di otak sebelah kiri



Nah, itulah kira-kira isi dan fungsi dari otak kita, namun untuk bisa memaksimalkan penggunaannya dibutuhkan latihan, latihan itu dinamakan brain gym (senam otak) ( untuk membaca tentang senam otak (brain gym)).

Semoga ini bermanfaat bagi anda ya….

Sebagian isi dan foto di ambil dari sumber :

Related Post / Klik Gambar Di Atas "Artikel-Artikel" :