Sabtu, 30 Januari 2016

Penyembahan Berhala Masa Kini


Dalam hidup beragama, penyembahan berhala sering kali hanya dianggap sebagai bentuk penyembahan kepada allah lain, penyembahan kepada benda-benda, patung-patung atau pun segala yang berbentuk yang terlihat, yang dinilai memiliki kuasa atau kekuatan di dalam benda tersebut. benda-benda yang diyakini bisa menjadi wadah bagi suatu roh atau tuhan sehingga pantas untuk disembah, namun bagi orang yang tidak meyakini hal tersebut akan menyebutnya penyembahan berhala. Namun, di zaman modren ini penyembahan berhala sudah mulai beralih dan memiliki makna yang lebih luas, tidak hanya sekedar dalam bentuk penyembahan terhadap benda-benda yang dianggap gaib tapi mulai beralih ke hal-hal duniawi yang terlihat simple dan bukan apa-apa..
Penyembahan berhala modren lebih kepada  hal yang membuat kita secara tidak sadar memfokuskan tujuan, tindakan ke suatu hal yang bersifat duniawi dan hanya menyisakan sisa-sisa waktu(ada kadarnya) untuk Tuhan, atau hal duniawi yang membuat manusia lebih mengandalkan hal tersebut dan menjadi mudah khawatir ketika hal itu sedang menjauh, dengan kata lain kecanduan terhadap suatu hal yang berlebihan sehingga fokus yang biasanya untuk Tuhan, jadi beralih ke hal duniawi yang lebih menyenangkan, seperti kecanduan game sering membuat orang lupa waktu, sehingga waktu untuk beribadah pun digunakan untuk bermain game atau saat beribadah yang seharusnya memfokuskan waktu itu untuk Tuhan, justru digunakan untuk bermain game dengan segala alasan yang terlihat masuk akal namun hanya ingin memuaskan keinginan akibat kecanduan main game tsb, contoh lainnya lagi kecanduan chatting baik BBM atau WA juga sering kali membuat fokus teralihkan saat beribadah atau saat d tempat ibadah dengan alasan tidak enak kalau tidak membalas atau ada hal penting yang kalau tidak langsung membalas atau alasan lainnya yang sebenarnya hanya alasan untuk memuaskan kecanduan chatting belaka. serta kecanduan terhadap materi-materi nyata. Dan sering kali orang mengabaikan hal-hal seperti ini dan dikarenakan banyak juga orang lain yang juga seperti itu sehingga dianggap hal yang wajar dan biasa aja. Namun sebenarnya secara tidak sadar kita sedang melakukan penyembahan berhala.
Lantas bagaimana cara kita menilai atau melihat, jika kita sudah berada pada tahap penyembahan berhala berhadap hal-hal duniawi? sebenarnya sangat gampang untuk melihatnya, sebagai contoh : Hp, Hp itu seharusnya sebuah alat komukasi dengan berbagai fitur yang memungkinkan untuk melakukan banyak hal menarik dan menyenangkan, meskipun hp itu sangat penting terutama di kota besar, ketika hp itu ketinggalan dirumah saat kita berpergian, apa reaksi kita? seandainya reaksinya panik setengah mati, atau membuat kita tidak tenang seharian dan binggung entah mau bagaimana, seolah-olah dunia mau kiamat dan jadi tidak ada niat untuk melakukan hal lain, dan hati mulai khawatir, maka ini sudah termasuk penyembahan berhala masa kini kepada hp tersebut karena telah memfokuskan hati kita ke hp tersebut. Uang, Uang itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, mendapatkan uang yang banyak itu adalah hal yang wajar, pernahkah uang membuat kita jadi lupa waktu untuk istirahat? pernahkan uang membuat anda lupa waktu beribadah? atau pernahkah karena kehilangan uang yang banyak membuat anda merasa tidak berdaya dan membuat anda menjadi kehilangan arah? atau pernahkah uang membuat anda jadi lebih mementingkan uang itu dari pada mementingkan hal lain seperti keluarga, ibadah atau teman? atau hati mulai khawatir? jika iya, maka ini sudah termasuk penyembahan berhala masa kini penyembahan berhala terhadap uang tersebut Game, Game itu sebuah hiburan dan hal yang wajar ketika menyediakan sedikit waktu untuk bermain game, yahh itung-itung rilex bentar untuk menghilangkan stress, tapi pernahkah karena game anda jadi lupa waktu? lupa waktu untuk makan, untuk tidur, atau waktu untuk keluarga bahkan kita lupa waktu untuk Tuhan? jika ya, maka ini sudah termasuk penyembahan berhala masa kini penyembahan berhala terhadap game tersebut.
Intinya penyembahan berhala masa kini membuat manusia lebih bergantung kepada benda dibanding kepada Tuhan serta hal yang membuat kita lebih mementingkan hal tersebut dibanding hal lain yang lebih penting seperti keluarga, saudara atau Tuhan, meninggalkan sumber kepuasan yang tidak terbatas dan mengalihkan pikiran kepada hal-hal duniawi yang terbatas yang hanya mampu memuaskan secara sesaat. Kita memang harus waspada, banyak hal duniawi yang bisa secara nyata namun tidak sadar membawa kita pada penyembahan berhala masa kini, membuat kita menjauh dari yang Maha Kuasa.
Secangkir Teh Memang nikmat, namun kalau gara-gara secangkir teh membuat anda lupa waktu, itu juga model penyembahan berhala masa kini.
Syalom...

Related Post / Klik Gambar Di Atas "Artikel-Artikel" :