Selasa, 23 Agustus 2011

Tips Mengemukkan Badan Secara Sehat



Hmm, tentu aneh ya jika melihat Judulnya, kok ada sih yang mau mengemukkan badan, tapi eeeiittt jangan salah, tidak semua orang menyukai kurus, bisa dibilang hampir sama dengan jumlah orang yang ingin berdiet menguruskan badan, kok gitu???

Ya begitu lah, kehidupan manusia ya seperti itu, ada baik ada jahat, ada cantik ada jelek, ada cowok ada cewek, ada banci ada bencong(hahha tapi banci dan bencong sebenarnya tidak ada, tu diciptakan oleh manusia sendiri), ada pula yang botak dan gondrong, ada putih ada hitam ada kuning lansat ada yang putih kek hantu malah hohoohoho, ada gemuk ada kurus, jadi tidak perlu aneh jika ada yang mau kurus pasti ada yang mau gemuk, itu lah kenapa manusia menjadi bisa membandingkan baik buruk, coba kalau semua orang sama cantiknya sama baiknya, trus apa yang mau dibandingkan???, tapi kalau manusia tidak mensyukuri apa yang dimilikinya pasti tidak akan puas, baik dia cantik, putih merona, dan tubuh ideal itu akan selalu kurang baginya. So puaslah dengan apa yang ada padamu, pasti semuanya ideal.


Tentu tips mengemukan badan ini sama dengan yang seperti menguruskan badan secara pribadi saya tidak tau akan berhasil atau tidak karena saya tidak pernah mencobanya, soalnya saya merasa saya ideal meskipun ada yang bilang saya agak gemuk ada orang lain pula yang mengatakan kalau saya ini agak kurus, jadi daripada saya  pusing agak gemuk atau agak kurus jadi saya berpikir kalau saya itu ideal…


Ok lah tanpa basa-basi ntar jadi basi benaran, kita langsung saja ke Te Ka Pe…


Berikut adalah beberapa tips untuk menggemukkan badan yaitu sebagai berikut.

1.      Makan… makan… makan lebih sering dari biasanya.

Meski tipsnya seperti menyuruh anda untuk makan terus, tapi tentu semua harus ada aturannya, berikut aturannya :

Terjadwal, artinya makan secara teratur misalnya biasanya sehari 3x jadi 4x namun dengan waktu yang sudah anda jadwalin sebelum anda memulai program mengemukkan badan dan hindari telat makan.

Konsisten, artinya ingat pada komitmen anda untuk mengemukkan badan, jangan bentar semangat bentar dah hilang semangat lagi, lakukan dengan disiplin, dan buat komitmen pada diri anda.

Ingat rumus, artinya secara logika rumus menambah bobot badan itu adalah kalori yang masuk >(lebih besar dari) kalori yang keluar, dengan kata lain adalah harus bisa mengontrol aktivitas dan makan dengan benar, mungkin anda berpikir gimana kontrolnya kan tidak pernah menghitung keluar masuk kalori, hahaha 1 cara gampangnya adalah disaat anda merasa anda banyak melakukan aktivitas seperti olah raga atau bekerja, anda perbanyak makan, gampang kan???


                Logikanya seperti ini, jika anda kerja terus dan kerja terus, dan dari hari ke hari anda bekerja lebih keras dari hari kemarin, tapi makannya tetap, tentu saja kalori di tubuh anda tidak bertambah tapi energy yang berasal dari kalori yang keluar untuk bekerja terus bertambah, jadinya yang ada kurus terus alias deficit atau tekor KALORINYA.


Makan bergizi, artinya makan sesuai 4 sehat 5 sempurna dan 6 atur pengeluarannya.  Perhatikan protein dan karbohidrat yang masuk.

                Karbihidrat adalah sumber tenaga untuk aktivitas, ini bisa ditemukan di nasi, kentang, pisang,dll, Sedangkan

Protein adalah sumber tenaga juga sebagai pembangun jaringan seperti otot, bisa ditemukan di daging ayam, putih telur, susu kedele, dll.

                                     

                    Ngemil juga bisa buat gemuk sih, tapi ngemilnya yang sehat aja, bisa dilihat di kemasan (nutrition fact) boleh pilih yang kalori tinggi. Disamping itu, boleh mencoba untuk makan vitamin karena itu bisa menambah nafsu dan menjaga kesehatan anda.


                    Kalau makanan masuk terus tapi tidak ada pengeluaran itu juga bisa jadi masalah.. wkwkwk jadi perhatikan pengeluarannya juga.. kalau ada masalah boleh berkonsultasi dengan dokter dan anda juga harus bisa memperhatikan tingkat kolesterol yang ada pada tubuhmu, jangan sampai dah gemuk ehh malah kolesterol tinggi jadi tidak sehat kan.


2.     Minum susu

Pada dasarnya susu memiliki kalori, heheheh apalagi sekarang ini banyak produk susu yang bagus seperti L-men, appeton weight gain. Mungkin anda berpikir itu mahal.. ok lah ada susu biasa juga sih anggap aja gajian masih lama dah bokek, jangan gara-gara anda mau mengemukkan badan anda kewalahan mengatur keuangan, bolehlah pilih susu bantal, susu low end atau lain yang lebih murah asal bukan susu yang sudah basi aja (hihihi). Kalau di tips diet sehat  itu melarang minum susu full cream, namun di tips mengemukan badan itu dianjurkan minum susu full cream. Anda boleh minum susu 2x sehari.



3.     Olah raga

Binggung ya makan terus olah raga jadi buat apa leh, olah raga tentu sangat penting, kalau hanya makan saja yang gemuk ntar cuma perut dan muka aja,.. mau muka dan badan gemuk ke perut gajah tapi lengan, kaki kek kaki jerapah??? Haha makanya olah raga biar gemuknya setara keseluruh tubuh. Jadi triknya adalah makan dulu yang banyak, setelah makan 1 jam baru mulai berolahraga, tentu saja kalau bisa olah raganya yang angkat beban tapi kalau tidak mampu bolehlah jalan jalan aja sambil menggerakan tangan dan seluruh badan.


Disamping itu, olah raga juga bisa melancarkan metabolisme tubuh dan menambah nafsu makan.


4.     Istirahat teratur, jangan suka bergadang, dan jangan stress

Kurang tidur  bisa menghilangkan konsentrasi juga bisa membuat stress meningkatm disamping itu bergadang juga tidak baik untuk kesehatan, karena tidur di malam hari itu banyak di manfaatkan tubuh untuk membuang racun stress juga bisa membuat kurus tapi ada juga sih stress yang buat orang jadi ingin makan, tapi pada dasarnya stress itu tidak baik untuk kesehatan, meskipun ingin mengemukkan badan tentu harus dengan sehat, kan tidak mau ntar dah gemuk tapi penyakitan.


5.     Jangan merokok.

Daripada merokok yang merusak kesehatan, mending pakai duitnya untuk beli susu bantal atau ayam goreng biar berat badan bertambah.


6.     Madu dan Minyak ikan.

Ini untuk menambah nafsu makan secara natural, disamping itu minyak ikan juga bisa menjaga kekebalan tubuh, dan membuat otak lebih lincah.
Sekarang banyak merek-merek minyak ikan (ikan Kod) yang bagus tetapi bagi pemula tentu bukan suatu yang mudah karena bau amisnya, walaupun ada rasa jeruk tapi qualitasnya tidak sebaik yang ada bau amis, jadi jika anda ingin makan dengan bau amis saya ada caranya, berikut caranya : siapin segelas air hangat, trus minum sedikit air hangat itu, setelah itu lansung makan sesendok minyak ikan, setelah itu langsung minum segelas air hangat itu sampai habis, itu akan mempermudah anda minum minyak ikan yang berbau amis.

7.     Banyak minum air putih.

Air putih emang berguna untuk segala hal, disamping untuk menguruskan badan ternyata juga berguna untuk program mengemukkan badan anda, karena air putih ini emang bagus untuk kesehatan, dan membantu pencernaan anda. Pencernaan lancar maka gemukin badan juga lancar. hehehe


8.     Kunyah makanan sampai halus

Ini untuk memperlancar pencernaan, apalagi makanan yang berat seperti daging, makan yang halus supaya makanan bisa dicerna dan diserap dengan cepat untuk tubuh.


9.     Periksa kesehatan anda.

Jika anda dulu gemuk dan menjadi kurus serta tidak gemuk gemuk lagi, ada baiknya anda memeriksa kesehatan anda ke rumah sakit, bisa jadi karena ada suatu hal di dalam kesehatan anda yang menyebabkan anda kurus.


10.Mencoba untuk makan makanan sereal,

Menurut para ahli yang telah membantah sereal itu makanan rendah kalori mengatakan bahwa makan makanan sereal secara teratur bisa mendorong kenaikan berat badan. Itu terjadi karena banyak produk sereal yang berbahan jagung yang di masak dengan minyak sayur dan mengandung gulu serta zat aditif. Hanya saja jika anda makan berlebihan juga bisa merusak fungsi  perut. Jadi meski makan secara taratur tapi jangan sampai berlebihan. Mungkin 2 atau 3 hari 1x gitu  secara rutin.


11. Siapin kacang.

Kacang adalah makan atau cemilan yang sehat, jadi jangan ragu untuk makan kacang.


Berikut makanan yang disarankan untuk mengemukan badan :

1.     Roti gandum, biasanya roti gandum lebih bergizi oleskan selai, madu dan krim,

2.     Pilih sayur yang mengandung tepung seperti kentang, kacang polong, jagung, wartel dan lobak,

3.     Pilih buah-buahan padat seperti pisang, pir, nanas dan apel,

4.     Pilih sup yang mengandung krim,

5.     Pilih minyak yang sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak canola dan minyak mentega, dan

6.     Tambahkan topping berkalori tinggi pada pizza, roti, es krim, crackers, dan menu kegemaran anda seperti mentega, mayones, krim keju dan minyak zaitun.


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kegemukan, antara lain.

1. Faktor Genetika.

jika orang tua dan saudara emang memiliki masalah di kegemukkan, bisa jadi anda kurus karena genetika, namun bukan berarti tidak bisa gemuk, hanya saja agak susah.


2. Metabolisme Tubuh.

Mungkin anda sering sakit perut ( yang sakit perut karena PMS itu tidak termasuk), itu karena ada system pencernaan anda yang ada masalah, jadi ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter, ini juga bisa mempengaruhi program mengemukan badan anda.



Sebagian isi dikutip dari sumber :


foto diedit dari :


Related Post / Klik Gambar Di Atas "Artikel-Artikel" :